07 Januari 2013

too good to be true

sebuah iklan menawarkan program diskon besar-besaran untuk produk elektronik pada akhir tahun, dengan judul "cuci gudang!" sebuah produk asuransi kesehatan menawarkan perlindungan istimewa bebas premi seumur hidup setelah klaim pertama.
terlalu indah untuk menjadi kenyataan :D

beberapa tahun yang lalu aku membeli sebuah kamera dijital dalam sebuah paket promosi sebuah toko. sebagai orang yang cukup awam dalam hal perangkat elektronik, aku pun banyak bertanya kepada pelayan toko tersebut. beberapa produk dijual dengan potongan harga yang sangat menggiurkan, menerbitkan pertanyaan "kenapa?"
beruntung sang pelayan cukup "jujur" dalam memberikan penjelasan. dia menerangkan bahwa produk yang mendapatkan diskon sangat besar biasanya adalah produk lama. harga asli yang dicantumkan adalah harga produk tersebut ketika pertama kali dirilis ke pasar. seperti yang kita ketahui bahwa harga sebuah produk elektronik sangat tergantung pada teknologi yang diusungnya, sementara teknologi berkembang sangat cepat. jadi, ada kecenderungan pada beberapa perangkat untuk terjadi penurunan harga yang sangat signifikan sejalan dengan waktu. kesimpulannya "diskon" tersebut adalah sebuah ilusi :D

menurut seorang teman (yang lebih sadar-teknologi)... kita juga harus mencermati penjualan barang elektronik bermerk dengan harga murah, misalnya komputer jinjing. biasanya barang-barang tersebut dijual bukan di toko resmi. biasanya lagi layanan pasca penjualan yang ditawarkan hanya berlaku di toko tersebut (tempat kita membeli). harga yang terlalu miring untuk produk keluaran cukup baru wajib dicurigai kualitasnya. ditengarai saat ini banyak praktik rekondisi, menjual barang dengan label baru padahal sebagian besar komponennya adalah rakitan dari komponen bekas.
kita dapat saja beruntung mendapatkan hasil rakitan yang cukup bagus, tetapi tentu saja tidak akan pernah sebagus produk "asli" buatan pabrik resmi. yang seringkali terjadi adalah perangkat elektronik tersebut rentan kerusakan. biasanya kerusakan terjadi pada bulan-bulan pertama setelah pembelian. toko memang menjamin perbaikan gratis, misalnya... tetapi biasanya perbaikan berjalan lamban dan kerusakan atau keluhan cenderung berulang.

pengalaman pribadi yang lain adalah merencanakan sebuah perjalanan. seperti yang pernah aku bilang... sebuah perjalanan dimulai jauh sebelum perjalanan itu sendiri dilakukan, dimulai dari perencanaan. perencanaan yang baik meliputi hampir semua variabel dalam sebuah persamaan (perjalanan sempurna), termasuk beberapa rencana cadangan.
yang seringkali terjadi adalah (paling tidak yang aku alami) perjalanan bahkan tidak terjadi alias dibatalkan :) atau yang rada mendingan dapet status "tertunda" :D
membatalkan (atau menunda) sebuah perjalanan yang sudah direncanakan dengan baik sejak lama terasa lebih menyakitkan hati daripada mengalami perjalanan yang buruk karena kurang matangnya proses perencanaan :)

kadang-kadang sesuatu terlalu indah atau sempurna untuk menjadi kenyataan. tetapi kita tetap tidak boleh berhenti berharap... hanya jangan berlebihan :)
ada harga yang harus dibayar untuk setiap harapan yang tinggi. harapan yang tinggi dibarengi usaha yang rendah sama aja dengan menyepelekan Hukum Newton ke-tiga :D
harapan yang tinggi juga mengandung konsekuensi logis kejatuhan yang menyakitkan... karena energi potensial berbanding lurus dengan ketinggian :D

tetapi hidup tanpa rencana dan menyerahkan sepenuhnya nasib kepada takdir... juga bukan pilihan yang bijak! masalahnya bukan terletak pada percaya takdir atau tidak, tetapi aku percaya bahwa usaha yang tekun pasti akan membuahkan hasil :)

sepanjang ini sebenernya aku cuma mo curhat :D ... kalo akhir tahun 2012 semua rencana perjalanan impianku harus buyar. dan awal tahun ini aku bertekad melakukan paling tidak satu petualangan baru. mudah-mudahan aja untuk kali ini..."If it sounds too good to be true then it probably is!" :)

Tidak ada komentar: