05 Juni 2012

Seth Godin: small is the new big

ini judul buku yang baru saja aku selesaikan membacanya. small is the new big karya Seth Godin. edisi asli buku ini dirilis pada tahun 2006, sedangkan edisi bahasa Indonesia (yang aku baca) dirilis pertama kali pada tahun 2008 oleh penerbit PT Elex Media Komputindo. buku ini berisi kumpulan tulisan Godin yang dituangkannya dalam blog post-nya, kolom majalah, dan e-book-nya.

cukup singkat waktu yang aku butuhkan untuk membaca buku yang cukup tebal tapi ringan ini. ada hampir 400 halaman yang harus kita lewati, tetapi bahasa yang digunakan sangat ramah pembaca, bahkan untuk kalangan awam sepertiku.

komentar pertamaku adalah om Godin sukses menyalakan percikan-percikan api di pikiranku :) yang mudah-mudahan aja bisa segera menyalakan api :D. meskipun untuk era-WWW saat ini ide-ide dan pemikiran berkembang sangat cepat, untuk sebuah buku yang terbit tahun 2006 (yang isinya tentu saja ditulis sebelum itu) tulisan-tulisan dalam buku ini masih lumayan relevan pada tahun 2012, paling enggak buatku :D. buat kamu yang biasa baca di monitor bisa klik www.sethgodin.com/smallisthenewbig, kalo yang matanya kampungan kayak aku :D beli aja bukunya di Gramedia murah kok.

sedikit berbagi nih... Godin membagi blog menjadi tiga jenis:
Cat Blog adalah blog untuk, oleh, dan tentang orang yang menulis blog itu.
Boss Blog adalah blog yang digunakan untuk mengomunikasikan kepada sekelompok orang yang sudah ditentukan.
Viral Blog adalah blog yang bertujuan menyebarkan ide.
... dan aku tahu dimana letak Bianglala Hayat dalam klasifikasi ini, Cat Blog saja :D Godin mengatakan bahwa memiliki blog kucing, kita harus bisa menerima kenyataan dan berhenti bertanya soal lalu lintas pembaca. ok deh om! :) tapi aku gak setuju kalo Godin mengatakan bahwa buku ini bukan untuk pemilik blog kucing. aku rasa semua pemilik blog pastilah bermimpi bahwa suatu saat blognya akan bertransformasi menjadi Viral Blog, ya paling tidak sebagian pemilik blog yang aku kenal :D

salah satu pesan yang paling menarik buatku adalah "cerita yang nyata dan asli akan tersebar dan bertahan, sedangkan kebohongan akan terungkap dengan segera." klise sih sebenernya :D tapi kalo kita amati, masih ada aja orang yang memuat "kebohongan" dalam konten situs atau pesannya, hanya untuk mencari sensasi dan kepopuleran instan. orang-orang seperti ini meyepelekan kecerdasan pengguna net saat ini (meskipun masih banyak juga pengguna net bodoh yang misalnya meng-klik judul berita murahan dan yang lebih bodohnya lagi merekomendasikan tautan tersebut di akun media sosialnya).

Godin juga menyoroti anonimitas dalam dunia internet yang memiliki banyak potensi bahaya. orang-orang cenderung bertindak suka-suka, tidak bertanggung jawab, dalam dunia yang anonim. anonimitas menyebankan banyak penipuan terjadi, spam, desas-desus menyesatkan dan tentu saja mengganggu. sederhananya, orang-orang yang kita kenal cenderung bersikap lebih sopan. misalnya, kita pasti akan lebih menjaga sikap ketika kita menghadiri pertemuan atau pesta pernikahan yang dihadiri oleh banyak tamu yang kita kenal.

masih banyak lagi percikan-percikan kembang api yang dapat menyulut api ide yang menyala lebih terang dalam buku ini. tidak harus setuju sepenuhnya dengan ide om Godin lho, tapi paling tidak bisa menginspirasi satu blog post buat aku :D... sebaiknya baca sendiri aja ya! bukunya murah dan blognya gratis :D

Tidak ada komentar: