23 Desember 2011

(BUKAN) Mother's Day!

supaya gak latah dengan orang banyak, aku posting perihal Hari Ibu pada hari ini aja :D

kemarin (22 Desember) status di FB banyak banget yang temanya seputar Ibu. sebagian besar adalah ungkapan terima kasih terhadap sosok Ibu atas dedikasi hidupnya demi keluarga. ada juga yang meng-copy-paste lelucon sms-ibu-gak-punya-pulsa (atau ibu-minta-transfer-uang) :D ya lumayan lucu waktu pertama kali baca, tapi terus kok banyak banget yang ikut-ikutan jiplak... gak kreatif banget :). acara-acara di beberapa stasiun televisi juga bercorak seragam.

pada tanggal 22 - 25 desember 1928 silam di Yogyakarta diselenggarakan Konres Perempuan. melalui kongres yang dihadiri oleh sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera, Perempuan Indonesia menunjukkan komitmennya terhadap perbaikan kualitas bangsa. meskipun demikian ini gak berarti bahwa perjuangan kaum perempuan baru dimulai sejak saat itu :D menilik sejarah bangsa maka mundur ke belakan, kita dapat menyaksikan perjuangan fisik nan berani dari Cut Nyak Dien misalnya, atau inspirasi dai R A Kartini.

tanggal 22 desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu. tetapi Hari Ibu kurang pas kalo diterjemahkan sebagai Mother's Day ala barat. selayaknya pemaknaan Hari Ibu diluaskan pada semua perempuan Indonesia (bahkan yang belum Ibu). pada hari itu 83 tahun yang lalu, kaum perempuan berkumpul bukan untuk alasan yang egois, semata memperjuangkan hak Ibu, tapi untuk alasan yang lebih luas dan mulia, bersama kaum laki-laki berjuang untuk kemerdekaan bangsa! Kaum perempuan juga memperjuangkan haknya untuk kesetaraan jender.

jadi baik sekali kalo kita mengucapkan rasa terima kasih dan sayang kepada Ibu, aku juga gak lupa kok nelpon ibu di rumah :)... tetapi seharusnya tidak berhenti sampai itu aja. Hari Ibu adalah momentum untuk mengenang jasa para pahlawan perempuan dalam meraih kemerdekaan. hari ini tuh seharusnya diperingati dengan mengenang semangat dan perjuangan perempuan dalam memperbaiki kualitas bangsa.

Hari Ibu untuk semua Perempuan Indonesia!

kaum perempuan juga diharapkan meneladani semangat dan keberanian para pendahulunya. perempuan dan laki-laki memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membangun bangsa. perempuan dan laki-laki seharusnya bisa bekerja-sama bahu-membahu sebagai mitra-sejajar.
jadi...
Selamat Hari Ibu, Perempuan Indonesia!

Tidak ada komentar: