13 Desember 2011

Solo 2

ini cerita senin 12 desember 2011 di solo

setelah malam yang melelahkan... ditambah lagi target pekerjaan rumah yang harus aku kebut untuk dikirim segera paling lambat hari senin itu, menginap di hotel yang rada mahal kayaknya cukup layak :) minggu malam aku udah mengguyur badan dengan air hangat yang sangat menyegarkan badan yang letih, sempat kepikir untuk cukur rambut, tapi gak jadi :D kepikiran untuk panjangin dikit buat seminggu ini gak apa apa.

seperti malam-malam sebelumnya, pagi ini pun kami bangun kesiangan :D tak mengapa kalo libur, tapi kami bisa kelewat sarapan gratis di hotel :D lumayan kan buat bekal isi perut jelang siang :) btw, kami menginap di Hotel Syariah Arini, jalan Brigjen Slamet Riyadi 361. kalo gak salah kamar yang kami tempati itu adalah kelas yang paling mahal, total 350 ribu per malam (termasuk pajak). jalan Slamet Riyadi ini kayaknya jadi semacam jalan utama di SOlo, banyak banget hotel di sepanjang jalan ini dari yang bisa ampe yang mewah. akses ke tempat-tempat wisata lokal juga lebih gampang kalo patokannya dari jalan ini. jadi buat tim-nyasar-pemula kayak kami menginap di hotel sekitar jalan ini sesuatu banget! :) kalo gak capek, susurin jalan ini ke arah timur (ke arah Galabo dan monumen Slamet Riyadi) banyak pilihan yang lebih murah.

setelah memesan tiket untuk temanku yang akan pulang ke bandung malamnya, kami memutuskan untuk berkelana ke Pasar Klewer. Solo ini tidak terlalu besar, jalannya juga relatif tidak terlalu ramai dibanding Bandung (jauh banget deh :D) jadi kalo males jalan, naik taksi juga murah karena jalannya lancar :) dua kalo naik taksi kami cuma membayar belasan ribu. kalo mo lebih tradisional bisa naik becak, katanya sih 10ribuan (karena kami belum nyobain). tapi Solo cukup panas, kalo pergi bertiga atau empat orang naik taksi nyaman dan murah banget tuh! apalagi kalo pundak udah lelah menyandang ransel :D

Pasar Klewer nih menurutku mirip dengan Pasar Sukawati di Bali atau Pasar Baru (jaman dulu sebelum dipugar) di Bandung. pasar yang padat, ramai, panas... bukan tipe pasar favoritku :D bukan apa-apa, aku gak jago nawar barang trus kalo berdesak-desakan gitu males juga karena panasnya gak enak. kalo panas matahari aku masih lebih toleran. satu lagi, kalo di salah satu buku panduan kita harus hati-hati dengan copet di sini, uniknya lagi copet di sini sangat menjunjung tinggi kesetaraan jender, jadi jangan tertipu dengan tampang ayu di situ :D

karena tidak tertarik berdesak-desakan dan bertawar-tawar ria di dalam pasar, kami sudah cukup senang dengan jalan-jalan keliling luar aja... trus mutusin untuk makan siang di sini aja. warung apa ya namanya aku lupa, yang pasti kalo liat dari spanduknya ada jual Tengkleng. nah ini dia nih salah satu kuliner inceranku.

makanan ini berbahan dasar kambing, menggunakan material di hampir sepanjang tubuh kambing dari kepala ampe ekor dan kaki :D jadi kebayang kan? bukan pilihan yang tepat untuk penderita kolesterol :D penuh lemak! bukan juga bagian dari menu dietku, tapi sebagai petualang-lidah aku harus nyobain :) rasanya bisa ditebak sih kalo liat warna kuah dan isi... gurih. tidak begitu mengagetkan, tapi lumayan juga untuk sensasi awal makanan lokal :) untuk 1 porsi tengkleng plus nasi ini aku tuker dengan selembar uang 20 ribu.

karena temenku mo nyari souvenir untuk oleh-oleh... jadilah kami berjalan kaki lagi :) wah jalannya jauh deh, lewat sini dan lewat situ ampe akhirnya kami sampai pada keputusan untuk mampir di Solo Grand Mall. jalan kaki tuh dari Pasar Klewer ampe Solo Grand Mall :) lumayan membakar lemak Tengkleng tadi :D dalam perjalanan kami nemu Gramedia, ya udah mampir dulu deh. dan seperti biasa aku paling gak nahan kalo nemu buku murah yang menarik :D jadi deh aku beli 4 buku murah yang sebenernya mungkin juga dijual di semua cabang Gramedia termasuk yang di bandung :D nambah nerat ransel aja...

dari daerah Nonongan berjalan ke arah barat kita bisa liat banyak tempat menarik menyusuri citywalk yang cukup nyaman dan ramah pejalan kaki. akhirnya kami sampai di Solo Grand Mall. meskipun judulnya Grand, mal ini enggak besar banget lho :D tapi aku setuju dengan bapak Joko Widodo (walikota solo saat ini ampe 2015, paling populer se Indonesia) yang membatasi pembangunan mal. jangan ampe solo kebablasan malah jadi semrawut kayak bandung!

setelah berjalan sejenak dalam mal... sekalian ngadem :D kami langsung keluar tanpa beli apa-apa (ya iyalah mal kan sama aja isinya di mana-mana :D). sambil melepas lelah kami duduk bentar di tepi jalan (masih jalur citywalk). sambil menunggu senja... kami putuskan untuk jalan kaki lagi ke Galabo. ini salah satu tempat yang direkomendasikan oleh banyak artikel, buku, teman, sopir taksi, resepsionis, tukang becak dan masih banyak orang lagi :D