20 Desember 2011

intermission

paling gampang hati/kalbu... yang mudah lidah... paling berat tangan
ternyata kenyataannya berbalik di jejaring sosial dunia maya... paling gampang tuh jari :D

dalam kehidupan nyata, bila kita punya niat baik, bisa dipastikan cuma kita dan Tuhan yang tau. kemudian beranjak kepada ucapan. ini gampang banget dilakukan (paling tidak bagi sebagian orang) dan gampang juga dideteksi oleh indra. meskipun demikian seperti kata pepatah dari kampung ku nun jauh di sumatera "easier said than done"... ngomong itu emang mudah, tapi realisasinya gak segampang itu. liat aja banyak pendakwah yang menasehatkan hidup seadanya dalam busana yang mewah. atau aktivis yang gencar menentang globalisasi atau neokolonialisme sambil memakai sepatu nike atau gemar nongkrong di mcD.

kalo fenomena di dunia maya lain lagi... jari ini gampang banget mencet-mencet papan-ketik dan kalimat-kalimat positif nan bijaksana pun muncul di permukaan layar, pencet "enter"... tunggu bentar (tergantung operator :D) langsung aja tampil di dinding-FB (misalnya). ada yang nge-"Like," ada yang izin "share" (padahal belum tentu isi pesannya orijinal :D), ada yang setuju (ada yang gak setuju), ada yang muji, dan lain-lain reaksi. mudah-mudahan aja sang empunya akun gak jadi besar-kepala dan merasa bijaksana. kutipan paling parah biasanya berasal dari Kitab Suci :) ada juga yang ngutip dari penulis atau filsuf.

ajaibnya... tunggu aja beberapa waktu dengan sabar :)... tidak lama kemudian, pemilik akun yag sama menampilkan sumpah-serapah karena mobilnya disalip motor di sebuah perempatan. bisa jadi pemilik akun ini kemudian curhat soal pasangannya yang gak bales telpon atau sms-nya. bisa jadi status berikutnya adalah cacian buat bos atau dosen yang memberikan banyak tugas. atau yang paling umum adalah mengeluh soal cuaca (terlalu dingin atau terlalu panas). dan posting status berbau negatif lainnya yang tidak konsisten dengan status-bijak sebelumnya :)

meskipun jari ini adalah bagian dari tangan... tapi di dunia maya perbuatan jari ternyata lebih ringan daripada perbuatan tangan di dunia nyata :) (ini juga berlaku bagi blogger sok keren kayak aku ini :D ya oto-kritik lah...)

jadi teman... lain kali mo status-update, coba pilah-pilih kalimat yang positif dan konsisten dengan perilaku kita :) pastikan juga mencantumkan penulis asli kalimat tersebut dan atau sumber tulisan itu kita baca, kalo pun kita lupa pernah baca di mana atau ngutip omongan siapa, jujur aja dan tetap sampaikan bahwa kalimat tersebut bukan buah pikiran kita tetapi adalah kutipan yang kita lupa sumbernya.

nb: padahal aku juga sering ngutip buah-pikir orang lain di sini tanpa memberi kredit... maaf.

Tidak ada komentar: