13 Desember 2011

Solo 2 seri Galabo

Galabo adalah singkatan dari Gladag Langen Bogan, merupakan sebuah pusat jajanan baru yang getol dipromosikan pemerintah lokal. Gladag tuh nama kawasan di depan gerbang Alun-alun Selatan Keraton Surakarta. Langen artinya kesukaan dan Bogan berarti makanan. (sok tau basa jawa :D).

dimana? nah kalo kita ke Solo, sepertinya (dengan gaya sok tau lagi:D) jalan yang paling utama tuh adalah Jalan Slamet Riyadi yang membentang dari arah barat ke timur. di ujung timur jalan ini ada Monumen Slamet Riyadi yang diresmikan pada tahun 2007, beliau merupakan salah satu putra daerah yang berjasa kepada negara dan mendapat gelar Pahlawan Nasional. nah Galabo tuh gak jauh banget dari monumen ini. kalo siang ini jalan yang rame, sisi selatannya adalah Pusat Grosir Solo (PGS) dan Benteng Trade Center (BTC). nah sekitar jam 5 sore, toko-toko di PGS dan BTC mulai tutup perlahan, hingga total sekitar jam 6 sore dan ruas jalan didepannya ditutup total. jadilah Galabo yang konon beroperasi ampe jam 11 malam.

setelah ngalor-ngidul gak jelas di Solo Grand Mall, kami memutuskan untuk makan malam di Galabo. setelah menyusur dari timur ke barat dari nonongan, kami balik badan menyusur citywalk dari barat ke timur. setelah lewat jalan ini beberapa kali kami udah mulai hafal sedikit demi sedikit :D paling enggak ada 4 penanda lokasi di sini (dari mal ampe Galabo) yaitu Stadion Maladi/Sri Wedari, Taman Sri Wedari, Museum Radya Pustaka, dan Museum Batik Danar Hadi. oh ya... sisi selatan dari jalan Slamet Riyadi ini adalah trotoar terlebar di Indonesia kayaknya :D emang dirancang nyaman untuk pejalan kaki :) sisi utara jalan rada lebar juga tapi lebih sempit dari sisi selatannya dan lebih semrawut.

kami nyampe Galabo sekitar jam 7 malam (kayaknya kurang...) jadi para penjual baru abis beres-beres tempat dan kayaknya kami berdua adalah calon korban pertama mereka malam ini :D jadi aja ditawarin macem-macem kios makanan yang ada sepanjang jalan ini. tapi untungnya mereka masih cukup sopan dan tidak begitu agresif :) ngomong-ngomong sepanjang jalan kaki tadi kami tuh ngimpi pengen makan serabi. paling tidak mo ganjel perut pake serabi dikit sebelum makan besar. tapi tau ga?... ada banyak banget lho jenis makanan di Galabo, sate, gudeg, bestik, steak, nasi, mi, pisang, wah pokoknya banyak banget deh, tapi... coba tebak! tapi gak ada yang jual serabi! entah apa alasannya...

karena kali pertama ke Galabo, jadi kami mo liat-liat dulu dari ujung-ke ujung (sambil nyari serabi yang hilang). akhirnya aku usul kami makan di ujung timur aja yang paling sepi, jadi bisa makan dengan nyaman. lagian ini malam terakhir kami jalan berdua, temanku pulang naik Lodaya Malam jam 20:30 dari Balapan.

kami putuskan untuk makan Bestik dan minum Susu Jahe hangat. mungkin bukan kombinasi yang baik :D tapi bingung juga apa minum yang cocok dengan Bestik. Bestik ini kayaknya semacam persilangan antara semur dan steak :D steak yang pake kuah... rasanya lebih kaya semur daging :) ya lumayanlah, satu lagi kuliner lokal takluk di lidah :D kalo susu-jahe ya udah tau sih rasanya kayak gimana, lumayan juga rasanya (terlalu manis, kurang "hangat" jahenya) tapi gak spesial :)

abis makan besar ternyata masih ada luang di lambung ini :D jadi pesen apa lagi ya?... liat menu ada pisang oyol (atau apa gitu lupa namanya :D). trus pesen juga tempe mendoan crispy. tau gak pisang oyol itu apa? ternyata nama lain dari pisang-coklat-keju :D kalo tempe mendoan ya biasa aja tapi ada bumbu tepungnya yang lumayan renyah. ya lumayan juga untuk ngisi waktu luang sambil ngobrol-ngobrol :)

menjelang jam 8 temenku pamit mo ke stasiun, jadilah ini akhir petualangan kami berdua di Joglo (Jogja-Solo). sampai ketemu lagi di bandung teman. aku masih nerusin duduk-duduk bentar sambil membaca buku dan melepas penat... dan Galabo semakin ramai. aku lagi mikir mo tidur dimana malam ini :D

gitu deh cerita seputar Galabo... abis dari Galabo aku nyari penginapan baru untuk meneruskan nyasar di Solo.

Tidak ada komentar: