30 Desember 2011

mudik leg 2

(baca dulu mudik leg 1)

perjalanan kali ini tidak konsisten temanya :D gado-gado pedes pake sayur aja gak pake nasi atau lontong, atau kayak pecel ndeso tambah lauk ayam goreng atau empal, perumpamaan yang enak :D

maksudku gak konsisten adalah sebenernya aku cuma mo mudik, tapi biar mudiknya gak hambar aku masukin sedikit bumbu nyasar di lampung. nah ini cerita hari pertama...

perjalanan dimulai dari stasiun depok, seperti yang udah aku bilang sebelumnya kalo aku nginep di depok dulu 1 malam. dari stasiun depok ini ke gambir, aku numpang di atas atap kereta commuter line :D gak ampe atap sih, lebay aja :D tapi kalo jam sibuk katanya emang penuh ampe ke atap, ya kayak yang tayang di TV gitu deh. aku berangkat dari depok sekitar jam 7 malam, jadi sepi-sepi aja tuh, duduknya nyaman, AC-nya kerasa karena kereta kosong. yang rame jam segitu kereta dari arah sebaliknya (dari jakarta kota ke bogor). ongkos keretanya 6 ribu saja.

karena banyak stasiun yang dilewati, buat orang yang gak biasa naik kereta komuter kayak gini harus hati-hati, jangan ampe kelewat stasiun yang mo dituju. di atas pintu kereta sebenernya ada peta jalur kereta, jadi kita bisa tau kapan kita harus siap-siap turun. sapa tau harus ganti kereta. ehm, kalo sendirian dan jam sibuk harus ekstra hati-hati, paling aman tanya-tanya aja dulu ama penjaga pintu sebelum naik. trus kalo masih kurang yakin tanya aja ke sesama penumpang yang tampangnya bukan "tampang copet" :D

ampe gambir ternyata masih lama banget sebelum bus Damri-nya berangkat. aku naik Damri jurusan Gambir - Tanjung Karang yang berangkat jam 22:00. ya udah aku poto-poto aja dikit... bukti sahih eksistensi diri :D

kalo mo naik Damri, tempat pemesanan dan pembelian tiket ada di seberang pintu barat Gambir. pemesanan tiket bisa dilakukan 5 hari sebelum keberangkatan, jam layanan tiket normalnya 07:00 ampe jam 21:00. karena kali ini perannya backpacker-gedongan, aku naik Damri yang super executive, tarifnya 150 ribu. rencana: tidur enak sepanjang jalan! :D

berangkat dari Gambir sedikit lewat jam 22:00 ya biasalah di indonesia, kalo gak jam karet rasanya ada yang kurang. singkatnya nyampe merak sekitar jam 01:30 dan sukses mendarat di tanah bakauheuni sekitar jam 04:00, ya normalnya emang sekitar 2,5 jam nyeberang selat sunda ini pake kapal roro. karena malam dan ngantuk banget, tidurku berlanjut dengan ngesot di lantai kapal :D beneran ngesot lho, soalnya kapalnya penuh. ya gak penuh banget, tapi tempat duduk yang enak gak ada lagi, tinggal lantai kapal yang masih rada luang, ya lumayanlah daripada kepala pusing nahan kantuk.

setelah mendarat di pelabuhan bakauheuni, busnya berhenti satu kali di sebuah rumah makan, tapi aku gak peduli, tidur, lanjutkan! :D tau-tau udah kerasa sedikit hangatnya sinar matahari pagi... dan nyampe di stasiun Tanjung Karang sekitar jam 6:15. cepet juga sih, biasanya bisa ampe jam 7.

ampe stasiun langsung jadi backpacker-kere lagi! :D berdasarkan informasi yang aku dapat dari sebuah blog, di belakang masjid besar di luar stasiun ada dua penginapan murah, masuk gang sebelah masjid. ya udah aku samperin aja dengan percaya diri... dan emang bener sih. cukup murah 35 ribu per malam, tapi mandinya di luar, maksudku kamar mandi di luar kamar. sebenernya aku gak gitu nyaman dengan berbagi-kamar-mandi kayak gini, tapi ya sudahlah... demi sebuah cerita :D

ehm... makanan di warung depan penginapan juga murah meriah, aku baru aja makan pecel pake lontong yang gak abis aku makan, tukeran dengan selembar uang 5 ribu saja. tadi pagi aku makan nasi uduk depan stasiun, pake telor rebus sambal, tuker dengan 3 lembar uang 2 ribu. malam ini belum tau mo makan di mana.

ok segitu dulu ceritanya... malam ini aku mo berubah lagi jadi backpacker-pendekar dengan menjabani aikido dojo terdekat di sini bersama seorang teman yang akan mengantar. setelah latihan kayaknya bakal berubah jadi backpacker-tukang makan! :D katanya deket-deket dojo situ banyak yang jual makanan... alhamdulillah, sesuatu banget! :)

sampai ketemu pada transformasi berikutnya....