20 Desember 2011

siap-siap nyasar: cari tau

ini tips persiapan buat yang mo jalan-jalan, dari seorang pengelana-pemula :D berdasarkan pengalaman nyasar di JogLo Semar kemaren...

yang paling penting adalah RISET... ehm meskipun ceritanya mo nyasar atau mo jalan-jalan-kere, tetap aja kita butuh penelitian awal. aku gak tau ya kalo yang udah "jago" banget bertualang mungkin mereka cuma dateng ke terminal/stasiun/bandara trus pesen tiket bus/kereta/pesawat yang akan berangkat paling awal :D kayak di film Yes Man-nya Jim Carey :D ...

setelah menetapkan destinasi (atau rangkaian destinasi) kita harus mencari informasi sebanyak mungkin seputar tempat yang akan dituju. paling sederhana nyari info di dunia maya. kalo ada duit lebih bisa beli buku-buku perjalanan dan peta yang banyak dijual di toko-toko buku. sumber yang lain adalah bertanya kepada teman atau siapa aja yang kita tau pernah mengunjungi destinasi serupa.

informasi dari dunia maya emang banyak banget... tapi kadang malah jadi terlalu banyak :D kita harus bisa memilah jenis informasi yang kita butuhkan. misalnya gini... kalo mo nyasar-kere, saranku adalah mencari informasi dari blog atau jurnal perjalanan pribadi. perhatikan juga tanggal penulisan atau pemuatan artikel tersebut, inflasi bisa menyebabkan kenaikan biaya atau losmen tertantu sudah beralih fungsi atau moda angkutan tertentu sudah bangkrut.

kalo aku perhatikan, banyak juga situs resmi yang juga menawarkan reservasi daring (online). biasanya situs sejenis ini cukup informatif dan bisa jadi acuan dalam menentukan anggaran untuk penginapan. tapi jangan lupa, banyak penginapan murah-meriah yang justru tidak dicantumkan karena tidak berpotensi ekonomis bagi pengelola situs. biasanya tiap kota punya semacam pusat penginapan murah-meriah, info kayak gini biasanya ada di jurnal pribadi.

kalo punya banyak waktu luang dan koneksi internet lancar, dunia maya emang nyaman banget untuk dijelajahi dahulu sebelum penjelajahan yang sesungguhnya di dunia nyata :D apalagi kalo udah nemu situs yang spesifik dengan rencana destinasi kita, misalnya untuk wilayah Jogja dan sekitarnya ada www.yogyes.com.

selanjutnya jangan pelit ngeluarin duit buat beli buku atau peta (atau ada juga koran yang memuat artikel wisata secara berkala) :D sekali lagi, bisa aja kita nemu format dijital buku atau peta di dunia maya. tapi kadang kali informasi dijital tidak praktis di lapangan. buku perjalanan adalah sumber informasi yang ideal menurutku. ini seperti bentuk cetak dari sebuah blog, misalnya. banyak informasi ringan unik yang bisa kita temukan dalam sebuah buku perjalanan yang dialami oleh penulis secara pribadi.

peta dijital atau GPS emang keren :D tapi terkadang tidak praktis. selalu terlihat memegang "gadget"-mahal bisa aja membahayakan jiwa :) peta cetak tidak membuat kita khawatir kalo tiba-tiba hujan turun atau hilang karena dicopet :D pengalamanku kemaren juga, peta cetak bisa menampilkan perspektif yang lebih luas karena keterbatasan layar piranti elektronik yang kami gunakan. belum lagi konsumsi listrik yang berlebihan, karena mungkin aja kita lebih membutuhkan HaPe kita sebagai alat komunikasi. satu lagi juga sapa tau kita nyasar di suatu tempat yang minim sinyal... atau kehabisan pulsa :D ya intinya mah saling melengkapi, tapi karena gak semua orang bisa beli piranti-elektronik pendukung, beli peta cetak cukup rasional :)

menjelang musim libur, beberapa media massa akan memuat artikel atau malah lembaran khusus liburan. ini juga bisa jadi sumber info yang menarik. aku misalnya tersihir lembaran Travelista dari Media Indonesia. ini contoh aja ya, gak bermaksud promosi :D sementara saat ini banyak juga kok program acara jalan-jalan di stasiun TV lokal.

last but not least... bertanya! :) ini bisa jadi yang paling murah dan praktis :D apalagi kalo kita punya temen yang lebih berpengalaman dalam soal perjalanan. jangan bergantung pada teman yang berasal dari kota yang akan kita tuju :D karena orang yang lahir dan besar di sebuah kota misalnya tidak selalu mengenal detail kotanya sendiri. misalnya soal penginapan murah... karena info penginapan murah tidak relevan buat seseorang yang punya rumah di kota tersebut :D tapi mereka bisa juga jadi sumber yang baik untuk jenis informasi yang lain, misalnya moda transportasi.

ehm... ini belum semuanya lho! masih banyak lagi sumber informasi yang bisa digali sebelum melakukan perjalanan. saranku secara umum adalah lebih baik menghabiskan banyak waktu dalam persiapan daripada menghabiskan banyak waktu untuk nyasar dalam perjalanan :)

nb: bukan berarti kita gak boleh nyasar, kadang-kadang nyasar ada serunya juga :D tapi seringkali nyasar itu lebih boros waktu dan uang, waktu liburan menjadi tidak efektif.

nb: informasi awal ini sangat penting sebagai acuan dalam membuat rencana perjalanan secara umum. bahasa inggrisnya itinerary :D jadi kita bisa memaksimalkan sumber daya yang kita miliki (maksudku sesuai dengan berapa lama waktu liburan dan berapa tebal isi kantong kita :D)

Tidak ada komentar: