17 Desember 2011

hidup-penuh

born of the sun they traveled a short while towards the sun/ and left the vivid air signed with their honor// (Sir Stephen Spender)

lirik ini aku kutip dari sebuah buku yang sungguh menginspirasi "Menjadi Jenius Seperti Leonardo Da Vinci" karya MIchael J. Gelb. meskipun aku gak begitu nyaman dengan embel-embel "Jenius" yang menurutku terlalu berlebihan :D aku lebih suka sub-judul yang berbunyi: Menggunakan Tujuh Prinsip Da Vinci untuk meningkatkan Kreativitas dan Menyeimbangkan Tubuh dan Pikiran" :)

ehm... salah satu prinsip yang sangat berpengaruh buatku adalah Sensazione. Sensazione dimaknakan (dalam buku ini) sebagai penghalusan pancaindra secara terus-menerus, terutama penglihatan, sebagai sarana untuk menghidupkan pengalaman.

dahulu aku gemar mengawinkan bebauan dan pengalaman (penciuman). kemudian aku tergila-gila dengan bunyi mungkin belum sampai dalam tahap "mendengarkan aktif" :D tapi sudah berusaha membuka diri untuk mendengar lebih banyak jenis musik (pendengaran). belum lama ini aku mengasah nyali dengan nyasar di kota asing sekaligus memperoleh berkah banyak pemandangan unik menarik (penglihatan)... bahkan lebih beruntung lagi mampu menyelesaikan misi kuliner di solo dengan sukses :D (citarasa). sebenernya aku tipe orang yang suka menyampaikan perasaanku melalui sentuhan... tapi untuk sementara kayaknya cukup dengan sentuhan lembut ala kuncian Aikido pada teman latihan :D (sentuhan).

semua itu adalah tafsiran bebasku terhadap prinsip Sensazione, yang sebenernya kalo aku baca lagi bab tersebut gak gitu pas banget dengan apa yang udah aku alami :D tapi ya sudahlah...

aku pastilah bertambah tua lebih cepat dalam satu bulan terakhir :D meskipun ini tidak lantas berarti aku jadi lebih dewasa... jauh banget dari dewasa :D

meneruskan perjalanan kembali ke masa lalu bersama Louis Armstrong dan Ella Fitzgerald (dan ke masa depan bersama 30 Seconds to Mars)... sebulan terakhir aku tergila-gila dengan film hitam putih :) setelah menemukan sebuah saluran youtube yang menarik, imajinasi menari lebih liar kayaknya :D meskipun belum semuanya dapat dinikmati (sulitnya membagi waktu antara tidur-baca-nonton, tipikal pengangguran banget ya :D). selain yang dwi-warna, aku juga rajin mungutin film-film jadul lainnya... kayaknya aku udah bener-bener jadi jauh lebih tua dari usia biologisku :D

percaya atau enggak, mo pamer dikit juga :D ... sebulan terakhir ini aku berhasil mengoleksi paling tidak lima versi layar lebar dari The Panthom of the Opera (selain versi mutakhirnya tentu saja, jadi aku udah punya enam versi totalnya :D) entah buat apa punya lebih dari satu. sudah ada tiga versi Dr. Jekyll and Mr. Hyde (pun belum ditonton semua :D)... lagi berburu Frankentstein dan Dracula atau Vampire atau Nosferatu.

buat apa ya ngabisin waktu buat itu semua?... kayak yang sering aku bilang, aku gak punya banyak properti dalam hidupku, kecuali waktu luang yang berlimpah untuk menikmati hidup sepenuhnya! :)

jadi nikmatilah hidup mu teman! ingat tahun 2012 sudah dekat... kiamat sudah dekat! :D

jika hidup ini adalah sebuah perjalanan... maka ini adalah sebuah perjalanan yang singkat, pastikan jadi perjalanan yang menyenangkan dan bermakna. jika alam semesta adalah kumpulan kisah-kisah dan bukan tersusun dari atom, maka buatlah kisah hidupmu menjadi kisah yang menarik dan berarti. jika kita lahir dari matahari dan menempuh perjalanan kembali ke matahari, maka tinggalkan dunia ini dengan kenangan yang indah.

tetap positif ya! :)

2 komentar:

NdOB mengatakan...

mengutip
"jika hidup ini adalah sebuah perjalanan... maka ini adalah sebuah perjalanan yang singkat, pastikan jadi perjalanan yang menyenangkan dan bermakna. jika alam semesta adalah kumpulan kisah-kisah dan bukan tersusun dari atom, maka buatlah kisah hidupmu menjadi kisah yang menarik dan berarti. jika kita lahir dari matahari dan menempuh perjalanan kembali ke matahari, maka tinggalkan dunia ini dengan kenangan yang indah" pertanyaan pertama gw,
with who u gonna leave the beautiful memory of urs bro, lol
n pertanyaan gw yang ke2 n yang paling penting..
in december u traveling java n ga mapir ke cirebon?? what the F man??

kei mengatakan...

thanks ndob! :)

blog ini dan semua kenangan manis yang ada, aku dedikasikan buat semua orang yang dekat di hatiku :)

dan yang kedua, edisi nyasar berikutnya pastilah akan terdampar di Cirebon :) kemaren aku lupa :D penasaran juga kuliner unik di sana... dalam waktu dekat bro, tenang aja! i'll let you know soon...